Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes: Tips dan Panduan

Apakah Anda mencari informasi mengenai puasa yang aman untuk penderita diabetes serta solusi atasi diabetes? Mungkin Anda perlu mengunjungi laman berikut: obat herbal diabetes. Jika tidak, silakan lanjutkan membaca artikel ini.


Berpuasa diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi pengidap diabetes.

Namun, sebelumnya perlu dipahami, tidak semua orang disarankan dan aman menjalani puasa.

Pengidap diabetes harus terlebih dahulu membicarakan kondisinya pada dokter dan memiliki riwayat gula darah terkontrol baru dapat ikut berpuasa.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai puasa yang aman untuk penderita diabetes, baca artikel ini hingga selesai.

Anjuran minum

Minum air yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik, tapi ingat hindari minuman yang mengandung rasa manis.

Konsumsi minuman manis langsung saat berbuka hanya akan memicu lonjakan gula darah saat puasa secara drastis.

Perbanyak minum ketika di antara waktu berbuka puasa dan sahur. Jangan terlalu banyak minum di saat makan karena akan menyebabkan perut menjadi kembung.

Saat berbuka puasa, lebih baik dahulukan untuk minum air putih guna mengembalikan cairan di dalam tubuh Selanjutnya, pasien diabetes boleh mengonsumsi buah-buahan.

Anjuran makan

Atur porsi makan saat puasa. Sebaiknya saat sahur atau berbuka puasa perhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi. Jangan makan langsung dalam jumlah porsi yang besar. Sebaiknya konsumsi makanan secara perlahan untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.

Perhatikan asupan makanan, misalkan:

  • Konsumsi karbohidrat yang mengandung serat seperti nasi merah atau gandum.
  • Konsumsi makanan yang mengandung gula alami dari buah-buahan. Batasi asupan gula tambahan atau pemanis buatan.
  • Protein yang dianjurkan adalah ikan, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak.
  • Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak palem, minyak zaitun, dan minyak kanola.

Anjuran waktu makan

Anda sebaiknya memulai sahur ketika dekat-dekat dengan waktu imsak. Ini berguna untuk mencegah gula darah turun terlalu rendah akibat jarak makan antara sahur dan buka puasa terlalu jauh.

Selama berpuasa, uji kadar gula darah sebelum dan 2 jam setelah berbuka puasa, sebelum sahur, dan ketika mencapai tengah hari.

Bila kadar gula berada di bawah ambang gula darah normal, yakni kurang dari 70 mg/dL atau terlalu tinggi, yakni sebesar 300 mg/dL, sebaiknya batalkan puasa Anda. Segera berkonsultasi dengan dokter.

Tips berpuasa untuk penderita diabetes

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes saat berpuasa, yaitu:

  1. Olahraga ringan
    Berolahraga ringan dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil selama berpuasa. Namun, hindari berolahraga saat cuaca terik atau menjelang waktu berbuka puasa. Sebaiknya, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam di dalam rumah pada pagi atau sore hari.
  2. Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup juga sangat penting bagi penderita diabetes saat berpuasa. Kurang tidur dapat memengaruhi kadar gula darah dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.
  3. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein
    Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman energi dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein saat sahur dan berbuka puasa.
  4. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas
    Makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas saat sahur dan berbuka puasa.

Selain hal-hal di atas, penderita diabetes juga perlu memperhatikan gejala-gejala hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah seperti pusing, lemas, berkeringat, dan jantung berdebar.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula atau segera berkonsultasi dengan dokter.

Minum Bio Insuleaf

Cara lainnya untuk menormalkan kadar gula adalah dengan mengkonsumsi obat herbal seperti Bio Insuleaf obat ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Konsumsi Bio Insuleaf setelah sahur dan setelah berbuka puasa setiap hari, dengan satu sendok makan agar tidak terjadi lonjakan gula darah saat menjalankan ibada puasa.

Bio Insuleaf ini ramuan herbal yang diolah dan disatukan dengan cara tiga tekhnik ekstraksi sehingga menghasilkan energi penyembuhan dari alam yang bermanfaat mencegah naiknya lonjakan gula darah.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar