tes gula darah

Resistensi Insulin, Faktor Diabetes yang Sering Diabaikan Bahayanya

Hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas memiliki peran penting untuk mengatur glukosa menjadi energi tubuh. 

Apabila hormon tersebut tidak bekerja dengan semestinya akan mengakibatkan resistensi insulin yang memicu berbagai kondisi kesehatan, seperti obesitas dan diabetes.

Sayangnya, gejala ini sering tidak terlihat secara jelas. Akibatnya banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami resistensi insulin. 

Resistensi insulin

Dirangkum dari Centers for Disease Control and Prevention, insulin yang berperan sangat intim bagi tubuh, memiliki beberapa proses yang kompleks:

1. Pankreas akan merilis hormon insulin setelah glukosa mengalir ke dalam darah dari makanan masuk ke dalam tubuh yang terpecah

2. Hormon tersebut bertugas untuk mengantar glukosa tersebut ke sel-sel tubuh agar menjadi energi

3. Insulin akan memberikan sinyal pada organ hati untuk menyimpan glukosa sebagai tabungan energi tubuh

4. Ketika gula darah masuk ke dalam sel dan level tersebut sedang rendah, maka hormon tersebut juga akan ikut rendah

5. Hormon insulin yang rendah akan mengirim sinyal ke hati untuk merilis gula darah yang tersimpan agar tetap menjadi energi meskipun belum ada makanan yang masuk ke tubuh

Proses di atas bisa bekerja tidak efektif bahkan menimbulkan kerusakan apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh mengandung gula terlalu tinggi dan tidak ada aktivitas fisik.

Hal ini disebabkan organ pankreas memompa insulin berlebihan untuk mengantar glukosa ke sel-sel tubuh. Akan tetapi tubuh tidak dapat merespons dengan baik sedangkan pankreas masih terus menghasilkan hormon tersebut.

Dari proses tersebut bisa menyebabkan penumpukan gula sehingga terjadi resistensi yang bisa memicu obesitas dan paling parah adalah diabetes tipe 2.

Cara mengetahui terkena resistensi insulin

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa kamu sedang mengalami resistensi insulin? Untuk mengenal apakah tubuh kamu mengalami masalah insulin lakukan tes gula darah.

Apabila kamu memiliki gula darah tinggi, trigliserida, kolesterol tinggi, dan atau kolesterol rendah, dokter akan mendiagnosis bahwa kamu mengidap resistensi hormon insulin.

Bagaimana cara mengatasi resistensi insulin?

Jangan terlalu panik, ya. Hal ini bisa kamu atasi dengan beberapa cara berikut:

1. Menurunkan berat badan. Hindari konsumsi gula yang bisa memicu kenaikan berat badan dan gula darah tinggi. Ganti makananmu dengan yang bernutrisi. Kurangi beban pikiran yang membuat stres, serta yang paling penting lainnya adalah jangan begadang.

2. Olahraga. Jangan melewatkan aktivitas fisik ini sekalipun kalau ingin tubuh terhindar dari obesitas dan diabetes. Sering melakukan aktivitas fisik membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin sehingga risiko resistensi menjadi sangat kecil. 

Agar 2 tips di atas bekerja dengan optimal untuk menghindarkan dari risiko kenaikan gula darah, kamu perlu imbangi dengan asupan sehat lainnya yaitu Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf adalah obat herbal yang menstabilkan gula darah agar tercegah dari risiko diabetes.

Jangan biarkan usia kamu sia-sia karena masalah ini yang berbahaya bagi kelangsungan hidup. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat serta minum Bio Insuleaf mulai sekarang.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar