Sering Buang Air Kecil Pertanda Apa

Sering Buang Air Kecil Pertanda Apa? Temukan Jawabannya di Sini!

Anda sering buang air kecil? Hati-hati bisa jadi kamu sedang mengalami masalah kesehatan yang serius. Kerap buang air kecil bisa menandakan bahwa kamu terkena penyakit diabetes, loh.

Akan tetapi ada faktor lain juga kenapa kamu sering buang air kecil. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui alasan di baliknya.

Sering buang air kecil pertanda apa?

Buang air kecil dengan frekuensi yang cukup sering selama sehari bisa jadi gejala beberapa kondisi kesehatan. Keadaan ini bisa dicari solusinya menyesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami.

Biasanya saat masa kehamilan, kamu akan kencing lebih banyak dan lebih sering. Tetapi gejala ini akan hilang setelah persalinan. Akan tetapi, terdapat faktor lain yang menyebabkan kamu sering buang air kecil. 

Ini adalah beberapa penyebab kerap buang kecil:

1. Kehamilan

Sering kencing merupakan hal yang normal terjadi pada wanita hamil. Sebab, kandung kemih dalam keadaan terjepit akibat janin yang mengambil banyak ruang di dalam perut. 

Akan tetapi, gejala ini tidak akan berlangsung lama. Biasanya frekuensi kencing kerap kali terjadi di trimester pertama hingga ke tiga. Sedangkan setelah persalinan frekuensi kencing akan kembali normal.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami ini selama kehamilan.

2. Masalah kandung kemih

Gejala frekuensi kencing yang terlalu sering juga umum terjadi akibat dari adanya masalah pada kandung kemih. Infeksi saluran kemih adalah salah satunya. 

Saat tubuh mengalami kondisi ini, pemicu dari luar yang menyebabkan infeksi masuk ke dalam tubuh. Sehingga menciptakan inflamasi pada sistem saluran kencing.

Selain itu, sistitis interstisial juga menjadi penyebab lainnya. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga membuat kamu terus menerus buang air kecil.

Walaupun jarang, telah ditemukan beberapa kasus kondisi ini bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

3. Diabetes

Diabetes menjadi penyakit lainnya yang kerap menunjukkan gejala sering buang air kecil. Bisa jadi kamu sedang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. 

Pada seseorang dengan diabetes, biasanya akan dibarengi dengan gejala lain, seperti luka yang tidak kunjung sembuh.

Selain itu, rasa haus yang tidak kunjung mereda juga menjadi penyebab kenapa kamu kerap kencing. Glukosa berlebihan tersebut membuat kamu merasa haus dan menimbulkan keinginan untuk buang air kecil.

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling mengkhawatirkan bagi sebagian besar masyarakat. Sebab, penderita diabetes harus terus menjaga makanan agar tidak memicu lonjakan gula darah.

Untuk mengatasi gejala sering kencing tersebut, kamu bisa minum obat herbal diabetes yaitu Bio Insuleaf. Bio Insuleaf adalah obat herbal yang terbuat dari rempah alami untuk menstabilkan gula darah, sehingga gejala sering buang air kecil bisa teratasi.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Cleveland Clinic

Tinggalkan komentar