ubi untuk penderita diabetes

Simak 7 Daftar Karbohidrat Kompleks yang Bermanfaat Bagi Tubuh!

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna karena mengandung serat yang tinggi. Jenis karbohidrat ini dikenal sebagai karbohidrat lebih sehat dibanding karbohidrat sederhana 

Makanan sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks tidak mudah mempengaruhi kenaikan glukosa dalam tubuh. Sebab nutrisi pada karbohidrat kompleks sangat melimpah, seperti vitamin, serat, dan mineral, yang menguntungkan kesehatan tubuh.

Berikut adalah 5 makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:

1. Ubi

Ubi telah diketahui dapat membantu mengontrol gula darah. Ubi memiliki rasa manis yang tidak menimbulkan gula darah tinggi. Sebab di dalamnya terdapat serat yang bisa memperlambat pencernaan gula.

Ubi tersebut tidak hanya menguntungkan bagi pengidap diabetes saja, tetapi juga bisa membantu mengecilkan risiko terkena penyakit jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan terhindar dari kanker.

2. Kentang

Kentang bisa kamu jadikan pilihan lain untuk menggantikan nasi putih. Kentang mengandung potasium dan protein yang mampu mengontrol kadar gula darah. 

Selain itu, kentang juga memiliki kadar gula dan kalori yang rendah sehingga kamu tidak perlu khawatir berat badan naik. Walaupun begitu, jangan makan kentang berlebihan agar tidak memicu kenaikan berat badan.

3. Kacang hitam

Kacang hitam adalah sumber protein dan serat yang baik. Dua nutrisi ini akan membantu perut terasa kenyang lebih lama dan mampu mengurangi nafsu makan.

Sayangnya, kacang hitam mengandung kalori yang cukup tinggi. Sebaiknya hitung terlebih dahulu berapa kebutuhan kalori harian dan tentukan berapa persen untuk makan kacang hitam agar tidak menambah berat badan.

4. Roti gandum

Roti gandum adalah makanan karbohidrat kompleks yang kerap dijadikan pilihan sebagai sarapan. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan produk ini di toko mana saja.

Keunggulan roti gandum adalah bisa membuat perut kamu kenyang lebih lama karena mengandung serat dan protein.

5. Nasi coklat

Pada nasi cokelat terdapat biji-bijian yang memiliki lebih banyak protein, serat, dan nutrisi daripada nasi putih. Apabila kamu memiliki diabetes makan nasi coklat adalah pilihan yang tepat.

Kalori pada nasi cokelat cukup rendah sehingga bisa mengontrol berat badan kamu dengan baik. Serta nasi coklat juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin B, seng, zat besi, dan selenium.

6. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian asal Amerika Selatan yang sangat kaya nutrisi dan serat. Kandungan serat dalam quinoa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah makan. Quinoa juga mengandung protein dan lemak sehat yang dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga kesehatan jantung.

7. Kacang-kacangan

Selain kacang hitam, kacang-kacangan lainnya seperti kacang merah, kacang hijau, atau kacang polong, merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan protein. Kandungan serat dalam kacang-kacangan membantu menjaga kadar gula darah stabil dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah makan.

Kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat dan nutrisi lain seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat karbohidrat kompleks

Berikut adalah bebeapa manfaat mengonsumsi karbohidrat kompleks:

  • Memberikan energi yang tahan lama. Karbohidrat kompleks terdiri dari rantai molekul yang lebih panjang dan memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dipecah menjadi glukosa. Karena proses pencernaan yang lebih lambat, karbohidrat kompleks memberikan energi secara bertahap dan tahan lama dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penurunan tiba-tiba konsentrasi dan kelelahan.
  • Mengandung serat yang tinggi. Serat dalam karbohidrat kompleks membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Serat juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam mengontrol berat badan hingga menurunkan berat badan.
  • Mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Karbohidrat kompleks yang berasal dari sumber makanan seperti biji-bijian, nasi merah, dan oatmeal kaya akan vitamin B kompleks, vitamin E, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, seperti membantu proses metabolisme, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.
  • Menjadi sumber energi yang sehat dan rendah lemak. Beberapa jenis karbohidrat kompleks, seperti kentang, biji-bijian, dan ubi jalar, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Ini membuat karbohidrat kompleks menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Serat dalam karbohidrat kompleks dapat memberikan nutrisi bagi bakteri baik di saluran pencernaan, yang penting untuk meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Bakteri baik ini membantu melawan infeksi dan penyakit, serta meningkatkan penyerapan nutrisi.
  • Mengontrol kadar gula darah. Karena pencernaan yang lebih lambat, karbohidrat kompleks lebih sedikit meningkatkan kadar gula darah dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain makanan-makanan di atas, mengontrol gula darah juga perlu didukung dengan minuman herbal seperti Bio Insuleaf. Herbal Bio Insuleaf adalah herbal yang berguna untuk menurunkan gula darah dan mencegah risiko diabetes.

Demikian penjelasan mengenai daftar makanan sumber karbohidrat kompleks serta manfaatnya. Bagi Anda yang ingin membeli Bio Insuleaf, klik link di bawah untuk pemesanan.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar