gula bukan penyebab diabetes

Ternyata Gula Bukan Penyebab Diabetes. Kok Bisa?

Selama ini kita salah kaprah jika penyebab utama diabetes adalah gula. Padahal pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Ternyata ada faktor-faktor lain yang memicu gula darah naik hingga terjadinya penyakit diabetes. Kamu perlu tahu jika banyak pemicu lainnya yang justru lebih membahayakan dari gula.

Jika gula bukan penyebab diabetes, lantas apa? Temukan jawabannya di bawah ini!

Gula bukan penyebab diabetes

Dilansir dari Tropicana, penyebab diabetes adalah gangguan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga gula sulit diubah menjadi energi. Hal demikian yang memicu gula darah jadi tidak terkontrol dan berujung pada diabetes. Kondisi tersebut umumnya dialami oleh penderita diabetes tipe 1.

Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada penderita diabetes tipe 2 walau sangat jarang. Sebagian besar diabetes bisa terjadi pada tipe 2 karena gaya hidup yang buruk serta pola makan berantakan, termasuk mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Meski begitu, faktor diabetes tipe 2 bukan karena gula semata. Ada beberapa faktor risiko lain yang perlu kamu perhatikan, yaitu terdiri dari:

  • Usia di atas 55 tahun
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Kelebihan berat badan
  • Diabetes gestasional
  • Riwayat keluarga

Walau begitu, kamu tidak boleh meremehkan gula atau makanan dengan kandungan pemanis yang tinggi. Sebab, gula tinggi bisa memperparah kondisi tubuh penderita diabetes.

Bahkan menurut peneliti memaparkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan atau minuman manis berlebihan secara teratur, dapat memperbesar peluang terkena diabetes sekitar 25% daripada yang tidak. 

Kadar gula yang berlebihan bisa merusak fungsi hati, meningkatkan kadar lemak hati, peradangan, dan resistensi insulin. Hal ini bisa membawa kamu terkena diabetes bahkan komplikasi kesehatan.

Nah, agar kamu tercegah dari risiko tersebut, lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Perbanyak makan sayuran hijau
  • Perbanyak makan serat tinggi, seperti kacang-kacangan dan buah
  • Tidak minum alkohol
  • Berhenti merokok
  • Kurangi asupan gula

Walau terasa sulit, mulailah dari melakukan hal kecil seperti mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih sehat. 

Baca Juga: Mengenal Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Lakukan secara konsisten agar gula darah terkontrol. Minum juga Bio Insuleaf, obat herbal penurun gula darah. Obat ini akan membantu kamu mengurangi gejala diabetes.

Pesan Bio Insuleaf

Sumber:

Health Kompas

Tropicana

Tinggalkan komentar