Makanan sehat

Tips Pola Makan Sehat Bergizi dan Seimbang dari Kementerian Kesehatan

Mengatur pola makan sehat bergizi dan seimbang berperan sangat penting untuk kesehatan terutama menjaga imunitas tubuh.

Dengan terjaganya daya tahan tubuh, akan mencegah terjadinya risiko-risiko penyakit yang membahayakan termasuk diabetes. 

Untuk mencegah penyakit tersebut, kamu diperlukan menerapkan pola makan sehat bergizi dan seimbang.

Tips pola makan sehat bergizi dan seimbang

Berikut adalah panduan pola makan sehat bergizi dan seimbang berdasarkan anjuran dari Kementrian Kesehatan RI:

1. Makan dengan komposisi lengkap

Komposisi lengkap yang harus ada pada sebuah piring adalah karbohidrat, buah, sayuran, dan protein. Sayuran harus lebih banyak daripada karbohidrat. 

Panduan ini tidak sekedar membuat perut kenyang lebih lama, tetapi juga memenuhi nutrisi tubuh. 

Bagi penderita diabetes, pastikan karbohidrat yang dikonsumsi mengandung indeks glikemik rendah agar tidak memicu kenaikan gula darah.

2. Menentukan jumlah gula, garam, dan lemak

Membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak merupakan salah satu pola makan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI. 

Kandungan tersebut bisa memicu berbagai penyakit apabila tidak diatur. Salah satu akibatnya adalah kenaikan gula darah sehingga memicu terjadinya diabetes. 

Sesuaikan kadar gula, garam dan lemak pada tubuh dengan mengetahui kebutuhan kalori harian.

3. Memenuhi cairan tubuh

Tubuh tidak hanya membutuhkan makanan saja tetapi juga asupan cairan. Minum air putih atau mineral secukupnya. Kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda. Untuk mengetahui ini kamu perlu mengetahui kalori harian tubuh.

Dengan terlengkapinya cairan tubuh akan membawa banyak manfaat, seperti mengurangi porsi lemak berlebihan, menyeimbangkan berat badan, dan menghindari dari dehidrasi.

4. Menjaga kebersihan makanan

Poin ini merupakan hal yang sering diremehkan sebagian orang. Percuma jika makan sayuran dan buah-buahan tanpa dicuci terlebih dahulu. Kuman dan kotoran akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan risiko penyakit.

Nah, itu adalah tips pola makan sehat bergizi dan seimbang yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Pastikan kamu menerapkan tips di atas agar terhindar dari risiko penyakit.

Jika kamu tidak memperhatikan pola makan, jangan heran apabila tubuh mudah sekali terkena penyakit, seperti gula darah naik dan diabetes.

Untuk menghindari hal tersebut pastikan tidak ada satupun poin di atas yang terlewati.

Selain itu, untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil, konsumsi BIO INSULEAF.

BIO INSULEAF adalah obat herbal yang ampuh menurunkan gula darah tinggi dan mengurangi gejala diabetes.

Sumber:

Kemenkeu RI

Tinggalkan komentar