Buka puasa

7 Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes Biar Gula Darah Tetap Stabil

Bagi Anda penderita diabetes, Anda tidak perlu khawatir gula darah naik selama berpuasa. terdapat beberapa tips puasa bagi penderita diabetes untuk mencegah dari lonjakan gula darah.

Tips puasa bagi penderita diabetes

Berikut ini adalah beberapa tips berpuasa bagi penderita diabetes yang perlu diketahui:

1. Konsultasi dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk ikut berpuasa selama bulan Ramadan, pasien diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter dapat memeriksa kondisi tubuh dan kadar gula darah, sekaligus memberikan saran untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik.

2. Hindari makanan tinggi karbohidrat dan lemak

Saat berbuka puasa, hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti tawar. Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga meningkatkan risiko hiperglikemia atau peningkatan kadar gula darah.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan tinggi serta, protein, dan karbohidrat kompleks, seperti brokoli, wortel, apel, dan pisang. Selain itu, orang yang menjalani ibadah puasa juga tidak dianjurkan mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka

3. Pertahankan pola makan yang teratur

Penting bagi penderita diabetes untuk mempertahankan pola makan yang teratur dan sehat selama berpuasa. Hindari makanan yang mengandung gula berlebihan, tepung, dan makanan berlemak. Pilihlah makanan yang kaya serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Perbanyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Penuhi asupan cairan

Penderita diabetes akan lebih mudah mengalami dehidrasi karena tubuhnya kekurangan cairan. Saat berpuasa, otomatis tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, sehingga akan, memperburuk kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, mencukupi asupan cairan saat berbuka dan sahur dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Namun, hindari konsumsi minuman yang terlalu manis atau berkafein, karena kedua jenis minuman tersebut berisiko menimbulkan dehidrasi.

Baca Juga: Puasa yang Aman untuk Penderita Diabetes: Tips dan Panduan

5. Pilih waktu berbuka yang tepat

Waktu berbuka puasa adalah saat yang sangat penting bagi penderita diabetes. Jangan makan terlalu banyak dan terlalu cepat saat berbuka puasa. Sebaiknya pilih makanan yang ringan dan sehat seperti kurma, buah-buahan, atau minum jus buah. Hindari makanan yang mengandung gula berlebihan dan tepung.

6. Jangan lewatkan sahur

Sahur adalah waktu makan sebelum mulai berpuasa. Hindari melewatkan sahur, karena hal ini bisa membuat gula darahmu turun drastis dan membuatmu merasa lelah atau pusing saat berpuasa. Pilihlah makanan yang sehat dan mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein.

Tips-tips puasa bagi penderita diabetes di atas bisa menjadi panduan dalam menjalani ibadah puasa dengan aman. Tapi perlu diingat, apabila kadar gula darah Anda <70 mg/dl atau >300 mg/dl, maka segeralah batalkan puasa. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami hipoglikemia atau hiperglikemia.

7. Minum Bio Insuleaf saat sahur dan buka

Untuk mencegah terjadinya kenaikan gula darah selama bulan Ramadhan, sangat dianjurkan mengkonsumsi minuman herbal Bio Insuleaf. Sebab herbal Bio Insuleaf akan membantu mengontrol gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya gejala diabetes.

Konsumsi Bio Insuleaf setelah sahur dan setelah berbuka puasa setiap hari, dengan satu sendok makan agar tidak terjadi lonjakan gula darah saat menjalankan ibadah puasa.

Pesan Bio Insuleaf

Tinggalkan komentar