Diabetes

Fakta Yoghurt Rendah Lemak Untuk Diet

No Comments

Tidak sedikit yang tahu jika yogurt merupakan makanan alternatif untuk diet terutama yogurt rendah lemak. Padahal makanan jenis ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat serta sangat mudah ditemukan di supermarket.

Namun, makan yogurt harus tetap dibatasi karena kandungan kalori yang berbeda-beda tiap merk. Lantas, berapa kalori dan manfaat yoghurt rendah lemak? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu yogurt?

Yogurt adalah produk susu yang diperoleh dari fermentasi mikroorganisme susu yang kaya akan Lactobacillus delbrueckii subsp. Proses fermentasi tersebut juga disebut dengan fermentasi asam laktat.

Dari proses pembentukan asam laktat dapat membantu mengentalkan protein sehingga tekstur yogurt lebih padat. Fermentasi ini menghasilkan beberapa senyawa, meliputi asam amino, karbondioksida, dan peptida.

Kalori yoghurt

Kalori dalam yoghurt bervariasi tergantung pada jenis yoghurt dan porsi yang dikonsumsi. Secara umum, yoghurt rendah lemak memiliki sekitar 60-100 kalori per porsi 100 gram. Sedangkan yoghurt full cream memiliki sekitar 100-150 kalori per porsi 100 gram. Perbedaan ini terjadi karena kandungan lemak dan gula dalam yoghurt. Jika ingin mengetahui jumlah kalori secara spesifik, disarankan untuk melihat pada label kemasan yoghurt yang akan dikonsumsi.

Jenis yoghurt

Ada beberapa jenis yogurt, antara lain:
1. Yoguurt plain: Yoghurt tanpa tambahan rasa atau pemanis.
2. Yoghurt buah: Yoghurt dengan tambahan buah asli atau buah yang telah dihaluskan sebagai pemanis alami.
3. Greek yogurt: Yoghurt kental dengan tekstur lebih padat dan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan yoghurt biasa.
4. Yoghurt tumbuhan: Yoghurt yang terbuat dari sumber protein nabati seperti kedelai, almond, atau kelapa.
5. Yoghurt beku: Yoghurt yang telah dibekukan dan biasanya memiliki tekstur yang mirip dengan es krim.
6. Yoghurt probiotik: Yoghurt yang mengandung bakteri baik atau probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.
7. Yoghurt rendah lemak: Yoghurt yang memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan dengan yoghurt biasa.
8. Yoghurt organik: Yoghurt yang dibuat dari susu organik yang dihasilkan dari hewan yang diberi makan pakan organik dan tidak menggunakan bahan kimia sintetis dalam proses pembuatannya.

Perbedaan yoghurt rendah lemak dan yogurt biasa

Tekstur dan rasa yang sama mungkin membuat sebagian orang kesulitan membedakan mana yogurt rendah lemak dan yoghurt biasa. Yoghurt biasa mengandung lemak, gula, protein, dan kalsium yang lebih tinggi. Sedangkan yoghurt rendah lemak atau plain yoghurt juga memiliki nutrisi yang sama namun tidak setinggi yogurt biasa dan lebih encer. Bahkan yoghurt plain cenderung memiliki rendah gula.

Jika kamu sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, maka yogurt rendah lemak adalah opsi yang baik. Tidak hanya untuk diet saja, yogurt rendah lemak juga baik untuk penderita kolesterol. Salah satu yoghurt plain yang direkomendasikan adalah greek yogurt.

Kandungan yoghurt rendah lemak

Walaupun jumlah nutrisi yogurt rendah lemak tidak setinggi yogurt biasa, yogurt rendah lemak memiliki variasi nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Berikut adalah daftar nutrisi pada yogurt rendah lemak:

    • Kalium
    • Kalsium
    • Lemak
    • Protein
    • Karbohidrat
    • Natrium
    • Vitamin
  •  

Tips mengonsumsi yoghurt

Simak tips-tips berikut ini untuk mengetahui cara tepat mengkonsumsi yogurt agar berat badan ideal tercapai:

    • Lacak jumlah kalori yogurt. Walaupun yogurt rendah lemak memiliki kalori rendah, bukan berarti Anda bebas makan yogurt dalam jumlah berapapun. Tetap batasi konsumsi yogurt sesuai kebutuhan harian.

    • Jangan hanya makan yogurt rendah lemak untuk menurunkan berat badan. Imbangin asupan gizi lainnya agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

    • Beri topping atau pelengkap secukupnya pada yogurt. Tetap hitung kalori pelengkap yogurt agar tidak melebihi jumlah kalori harian. Pilih yogurt yang mengandung probiotik.

Demikian ulasan mengenai yogurt rendah lemak yang cocok untuk diet. Meski jumlah kalori dan lemaknya rendah, tetap batasi konsumsi yogurt rendah lemak dan imbangi dengan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes

Tahukah Anda?

Yoghurt rendah lemak sangat baik bagi penderita diabetes. Sebab, mengonsumsi yoghurt jenis ini dapat membantu mencegah dari kenaikan gula darah. Nutrisi yang ada pada yoghurt dapat juga membantu menurunkan gula darah dan mencegah dari keparahan kondisi diabetes.

Bagi Anda yang ingin mengontrol gula darah, sangat dianjurkan mengonsumsi yoghurt rendah lemak. Imbangi juga dengan minum herbal Bio Insuleaf agar nutrisi pada yoghurt rendah lemak dapat optimal.

Beli Bio Insuleaf sekarang dengan klik link di bawah ini.

Pesan Bio Insuleaf

REFERENSI

Livestrong

Healthy Eating

Yogurt Nutrition

Sirtfood Diet, Rahasia Diet Adele Biar Slim
Bisa Untuk Diet, Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum?

Tinggalkan komentar